COVID-19

Faktor Responsiveness terhadap Kepuasan Pasien di Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Faktor Responsiveness terhadap Kepuasan Pasien di Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Abstrak

Puskesmas sebagai institusi kesehatan primer harus mampu memberikan dan melaksanakan pelayanan kesehatan yang responsif. Pemanfaatan puskesmas oleh masyarakat di wilayah kota Tangerang pada dua tahun terakhir mengalami penurunan sekitar 72,63% pada tahun 2011 menjadi 67,93% pada tahun 2012. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor responsiveness yang berpengaruh serta paling dominan terhadap kepuasan pasien. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 67 responden dipilih secara accidental sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner terstruktur. Data dianalisis secara kuantitatif dengan Chi-Square dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan responden yang puas terhadap pelayanan di Puskesmas Cipondoh (55.2%),  petugas yang ramah (50.7%), responden yang dilibatkan dalam pengambilan keputusan (43.3%), petugas yang memberikan informasi dengan jelas (55.2%), kondisi puskesmas  yang nyaman (56.7%), pasien diberikan pilihan terhadap pemberi layanan (52.2%) dan responden menyatakan waktu tunggu cepat (58.2%). Faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien adalah keramahan petugas (x2=20.54, p=0.0001), keterlibatan dalam pengambilan keputusan (x2=11.99, p=0.001), kejelasan informasi (x2=10.52, p=0.001) dan kenyamanan (x2=15.79, p=0.0001). Secara bersama-sama variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan kesehatan ibu dan anak  (KIA) adalah keramahan petugas (p=0,0001, Exp(B)=9.860), dan kenyamanan (p=0.004, Exp(B)=6.394).

Kata Kunci           : Kepuasan Pasien, Faktor Responsiveness.

Klik untuk mengunduh

Bagikan halaman ini: