Posted by Administrator Kebidanan on September 19, 2018 | Last Updated by admin_kebidanan on July 16, 2019

Seminar Nasional Kebidanan Tahun 2018

 

Himpunan Mahasiswa Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta I menyelenggarakan seminar nasional kebidanan dengan tema “Kelola Gaya Hidup Sehat Agar Tetap Cantik Setelah Melahirkan". Acara ini merupakan salah satu program kerja unggulan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Bertempat  di Auditorium gedung Pendidikan terpadu Poltekkes Kemenkes Jakarta I, hadir sebagai nara sumber  pertama Dr. dr Tan Shot Yen, M. Hum (Konsultan Kesehatan di Media Cetak dan Elektronik, Narasumber Selamat Pagi Indonesia Metro TV, & Penulis Buku "Saya Pilih Sehat dan Sembuh") menyampaikan materi “Nutrisi Ibu Penunjang 1000 Hari Pertama Kehidupan”. Nara sumber kedua Triyani, SKp. M. Med, Ed (Dosen Jurusan Kebidanan & Dosen JSPO Poltekkes Kemenkes Jakarta I), menyampaikan materi "Refresh Your Body, Mind, & Soul". Materi ketiga dengan tema "Tips Cantik dan Sehat Pasca Melahirkan" disampaikan oleh Hj. Dini Octavia Kusuma Wardani, Amd. Keb, ST, MM (Owner Klinik Utama Anny Rahardjo & Owner DN Skincare.

Seminar nasional kebidanan ini dihadiri peserta sebanyak 525 orang peserta yang mayoritas mahasiswa kebidanan dan sebagian merupakan bidan yang berada di sekitar Jabodetabek. Dilaksanakan pada hari Sabtu 8 September 2018. Dalam sambutannya Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta I drg. Ita Astit Karmawati, MARS memberikan apresiasi yang tinggi kepada panitia penyelenggara dan berterima kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan terselenggaranya acara tersebut.

Tema seminar nasional kebidanan tahun 2018 diambil dari keprihatinan bahwa masih banyaknya wanita yang mengalami stress karena kesulitan mengembalikan berat badan setelah melahirkan. Hal tersebut dikarenakan masih rendahnya tingkat pengetahuan para ibu serta masih kurangnya sosialisasi pada ibu pasca bersalin tentang cara mengembalikan bentuk tubuh menjadi ideal pasca bersalin.

Para nara sumber menyampaikan pentingnya mengelola gaya hidup sehat agar tetap cantik setelah melahirkan dengan cara melakunan gaya hidup sehat pada ibu pasca bersalin dan latihan (exercise) yang teratur. Hal tersebut akan efektif membantu para perempuan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Ibu baru yang ingin mempunyai badan yang ideal pasca melahirkan, harus sering melakukan gerakan tubuh (berolah raga). Hal ini berguna untuk melenturkan dan mengembalikan kembali organ tubuh terkait proses kehamilan dan persalinan seperti punggung, perut, panggul, dan kaki. Dapat dilakukan latihan otot panggul atau senam kegel. Fungsinya untuk memperbaiki otot vagina yang kendur karena perubahan hormon dan peregangan selama persalinan. Serta dapat dilakukan pula yoga ringan. Postur-postur yoga sangat baik untuk mengembalikan kelenturan dan porporsi tubuh. Selain itu, yoga tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar dan sehat, tetapi pikiran dan jiwa pun menjadi lebih tenang. Selain excercise, ibu juga harus mengonsumsi makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan dan memungkinkan tubuh melawan penyakit dan infeksi. Pola makan seimbang yang tetap terjaga adalah satu-satunya cara untuk memastikan tubuh memperoleh gizi yang tepat dalam jumlah yang tepat pula untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh. Selain itu, jam makan juga akan mempengaruhi kesehatan ibu. Jam makan yang benar akan menstabilkan kadar gula darah untuk kesehatan mental dan fisik ibu. Materi ini sangat penting bagi bidan, mahasiswa bidan, ibu hamil, ibu bersalin bahkan perempuan yang masih belum menikah agar dapat berperan dalam upaya peningkatan derajat kesehatan pada ibu, terutama bagi ibu pasca melahirkan.

Acara semakin semarak dengan banyaknya doorprize yang diberikan panitia dan penampilan bintang tamu Lutfi Aulia Chandra yang membawakan beberapa lagu hits. Acara berakhir pukul 13.00 yang diakhiri dengan sesi foto Bersama.

 

 

 


Image not Found