Jurnal Kesehatan

Posted by Ka. Ur. Perencanaan dan Sistim Informasi on 27-06-2020, Author : Siti Rahmadani on 12-06-2018

ABSTRAK

Kanker serviks adalah jenis kanker kedua setelah kanker payudara yang paling banyak diderita oleh perempuan. Tingginya kasus kanker serviks di Indonesia dikarenakan perempuan tidak melakukan deteksi dini untuk mencegah terjadi kanker serviks sehingga menyebabkan keterlambatan diagnosis.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media penyuluhan terhadap keikutsertaan pemeriksaan iva Test di Puskesrnas Tangerang Selatan Tahun 2018. Metode  penelitian mengunakan quasi ekspremental dengan rancangan pre test-post test design pada  kelompok intervensi wanita subur di puskesmas Tangerang Selatan yang diberikan konseling  dengan penyuluhan dan leafleat .

Populasi yang diambil dalarn penelitian ini sebagai kelompok kontrol 30 wanita usia  subur dengan konseling penyuluhan dan sebagai kelornpok intervensi 30 wanita usia subur dengan konseling penyuluhan dengan media leafleat.Teknik pengambilan sampel dengan Purposive sampling.

Hasil penelitian ini pada uji bivariat p value 0.11 (< 0.05) ada perbedaan pengetahuan antara kelompok intervensi dan kelornpok Kontrol sesudah perlakuan.ada perbedaan sikap yang significant antara kelompok intervensi dan kelompok Kontrol sesudah perlakuan p value 0.00 I (>0.05). Hubungan Konseling IV A test penyuluhan dan leafleat terhadap keikutsertaan pemeriksaan Iva test dengan nilai OR 5,69 yang artinya 5,69 kali untuk ibu melakukan iva test dibandingkan yang tidak diberikan konseling. Analisis multivariat yang berhubungan dengan keikutsertaan IVA test adalah variable konseling iva dengan nilai p value 0.006. Kesimpulannya ada pengaruh konseling iva test dengan media penyuluhan dan leafleat terhadap keikutsertaan perneriksaan iva test.

Kata kunci : Iva Test, Konseling penyuluhan dan media leafleat






Image not Found