Posted by Ujang Abdul Muis on March 24, 2017 | Last Updated by admin on April 27, 2017

E-learning merupakan sebuah bentuk pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik dan Information and Communication Technology (ICT) yang memungkinkan materi pembelajaran dapat tersampaikan kepada siswa tanpa adanya proses pembelajaran yang terbatas di dalam sebuah ruang. E-learning berkembang sangat pesat dari masa ke masa sehingga menjadikan kegiatan pembelajaran jauh lebih mudah, lebih efektif, dan efisien.

Keberhasilan program e-learning ditunjang oleh beberapa konsep yaitu perangkat teknologi informasi, perencanaan, administrasi, manajemen dan ekonomi yang memadai. Perlu juga diperhatikan peranan dari para fasilitator, dosen, staf, cara implementasi, cara mengadopsi teknologi baru, fasilitas, biaya, dan jadwal kegiatan. Dengan demikian seluruh aktifitas PBM akan mendukung kearah pencapaian kompetensi setiap bidang keilmuan, melalui pola pembelajaran SCL diiringi dengan metode E Learning di dalamnya khusus di lingkungan Poltekkes Kemenkes Jakarta I yang memiliki 4 Jurusan.

Kegiatan Pemantapan E-Learning dilakukan di Poltekkes Kemenkes Jakarta I dengan beberapa tahap, dari mulai awal sampai dengan selesai. Kegiatan ini dilakukan sejak Maret  s.d Desember 2016, lalu di tahun 2017 dilakukan pemantapan final. Kegiatan ini dilaksanakan di masing-masing jurusan. peserta yang diundang adalah para Dosen dan operator aplikasi E-Learning. dalam pertemuan tersebut lebih menitik beratkan kepada tutorial penggunaan aplikasi E-Learning.

Dengan adany apalikasi E-Learning ini diharapkan, pembelajaran secara online akan terlaksana aktif. Proses pembelajaran yang layak dan sesuai dengan penggunaan E-Learning, bisa dilakukan secara jarak jauh. Namun walaupun begitu bukan berarti aplikasi ini menggantikan pembelajaran konvensional yang ada. Justru dengan adanya aplikasi E-Learning ini akan semakin mengoptimalkan proses pembelajaran sehingga mahasiswa (maupun dosen) dapat berkomunikasi (baca: melakukan kegiatan PBM) secara maksimal.

Selamat berkreasi dan telusur.

SUKSES BERSAMA


Image not Found