Jurnal Kesehatan

Posted by Administrator on 23-11-2016, Author : Katherina Paulaina, Henny Nurhaeni, dkk on 01-11-2013

ABSTRAK

Latar Belakang: Kebutuhan dasar manusia adalah hal-hal seperti makanan, air, keamanan dan cinta yang merupakan hal yang penting untuk bertahan hidup dan kesehatan. Demikian pula pada Pasien imobilisasi didefinisikan secara luas sebagai dampak negatif yaitu mempengaruhi kulit secara langsung dan beberapa organ tubuh lainnya. Oleh sebab itu perawat harus menemukan cara untuk meningkatkan aktivitas yang tepat untuk pasien, sehingga tingkat kemandirian  pasien dalam memenuhan  kebutuhannya meningkat terutama kebutuhan perawatan diri.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh intervensi personal higiene terhadap kepuasan Pasien Immobilisasi di RS Prikasih Jakarta Selatan. Metode: pengumpulan data pada responden dilakukan pengukuran  dengan metodologi Kuantitatif melalui analisa univariat (Deskriptif) dan analisa bivariat digunakan uji statistik analisa tabulasi silang dengan tabel
kontigensi 2x2  serta tingkat kepercayaan 95 % (α = 0,05). Selanjutnya respondenpun dilaksanakan pengukuran dengan cara Kualitatif, dimana Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan data dan informasi yang mendalam.

Hasil: Dari hasil analisa data terdapat Pengaruh kepuasan pasien immobilisasi terhadap intervensi personal higiene di Rumah Sakit Prikasih, ada hubungan antara intervensi personal higiene dengan kepuasan pasien yang ditunjukkan dengan hasil uji chi square nilaihitung sebesar 0,062 dan nilai signifikansi (p) > 0,05, termasuk pada data observasi dan deep interview disampaikan oleh 6 responden secara eksplesit dan responden yang lain dengan tersenyum dan mengangguk.  

Kata kunci: Kepuasan, Pengaruh Personal higiene dan Pasien immobilisasi