COVID-19

HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN GANGGUAN PERILAKU PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH TAHUN 2015

HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN GANGGUAN PERILAKU PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH TAHUN 2015

ABSTRAK

Proses pertumbuhan dan perkembangan anak tergantung pada pengasuhan yang diberikan oleh orang tuanya. Masalah perilaku anak yang berbeda seringkali merupakan bentuk penampilan konflik yang terjadi pada masa perkembangan kepribadian terhadap perilaku dari orang tua, saudara, guru ataupun teman-temannya yang berhubungan dengan mereka. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan pola asuh orang tua dengan gangguan perilaku anak usia pra sekolah setelah mengendalikan faktor lain. Desain penelitian ini adalah cross sectional dan subyek penelitian adalah 62 orang anak usia pra sekolah yang berumur 4–6 tahun, dan bertempat tinggal di Kelurahan Pondok Labu Jakarta Selatan. Analisis data menggunakan regresi logistik ganda. Hasil penelitian didapatkan dari enam komponen pola asuh yaitu ikatan kasih sayang, disiplin, perilaku mendidik, kesejahteraan dan perlindungan umum, responsivitas dan sensitivitas, hanya ikatan kasih sayang yang memberikan hubungan bermakna dengan gangguan perilaku pada anak usia pra sekolah setelah dikontrol oleh variable status bekerja ibu. Hasil penelitian ini menyatakan ibu tidak bekerja memberikan pengasuhan dengan ikatan kasih sayang akan mencegah anak mengalami gangguan perilaku dibandingkan dengan ibu bekerja (OR = 0,17). Hasil akhir penelitian ini menunjukkan ikatan kasih sayang memberikan kontribusi sebesar 30,1% untuk kejadian gangguan perilaku pada anak usia pra sekolah (R2= 0,301).

Kata Kunci : pola asuh, gangguan perilaku, anak prasekolah

Klik untuk mengunduh

Bagikan halaman ini: