Posted by Administrator on April 3, 2018 | Last Updated by Admin on April 3, 2018



[Jakarta, 29 Maret 2018] Menjaga sterilitas sangat penting dalam mengolah, menyajikan dan mengonsumsi makanan. Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, menanggapi pertanyaan media seputar temuan Badan POM dalam produk ikan makarel kalengan yang mengandung parasit cacing, saat tiba di Gedung Nusantara menjelang Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR, Senayan, Jakarta, Kamis siang (29/3).

''Sterilitas itu yang harus dijaga'', tutur Menkes.

Pada kesempatan tersebut, Menkes menerangkan bahwa mengonsumsi makanan matang yang telah dimasak secara sempurna bisa menghindarkan kita dari risiko kesehatan. Karenanya, Menkes mengatakan bahwa makanan sebaiknya tidak dimakan mentah.

''Setahu saya itu (baca: ikan kalengan) kan enggak dimakan mentah, kita goreng lagi, ya cacingnya mati. Saya kira kalo udah dimasak kan jadi steri'', imbuhnya.

Menkes menekankan agar masyarakat senantiasa bijak dalam memilih, mengolah serta menyajikan bahan makanan yang baik untuk keluarga. Terkait pertanyaan mengenai laporan dampak kesehatan yang dialami masyarakat, hingga berita diturunkan, Menkes menyatakan belum ada laporan mengenai hal tersebut.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id. (myg)


Image not Found