Posted by Ka. Unit Teknologi dan Informasi on April 5, 2019 | Last Updated by admin on April 8, 2019



Jakarta, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.
 


GERMAS dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

 

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I yang diwakili oleh Wadir III Sri Handayani, S.Pd, MKM menjelaskan bahwa GERMAS membutuhkan dukungan seluruh lapisan masyarakat, lintas kementerian dan lintas sektor baik pemerintah pusat dan daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat, untuk bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat.

Disela-sela kegiatan seluruh peserta diajak untuk makan buah bersama dan senam peregangan sebagai wujud dari GERMAS dan diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama untuk selalu berperilaku hidup sehat.


Image not Found