Posted by Ka. Unit Teknologi dan Informasi on November 6, 2017 | Last Updated by admin on November 6, 2017



Survei kepuasan kerja berdasarkan  karakteristik dan unit kerja pegawai dilaksanakan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I. survei ini dilakukan pada seluruh pegawai PNS dan CPNS berdasarkan data Daftar Urut Kepangkatan per April 2016 yang  berjumlah 152 orang orang. Pada saat pengambilan data pegawai yang menjadi responden survei berjumlah 131 orang dan kuesioner yang dapat diolah berjumlah 130 karena 1 (satu) kuesioner isiannya tidak lengkap.  Pegawai lain tidak mengisi kuesioner karena sedang tugas belajar, cuti, pensiun atau ada keperluan dinas lainnya.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil survei dapat disimpulkan :

  1. Sebagian besar pegawai Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I merasa puas 80,7 % dan pegawai yang merasa kurang puas sebesar 19,3 %.
  2. Terdapat 3 dimensi kepuasan kerja yang memiliki rata-rata tingkat kepuasan baik yaitu gaji (94,62%), pekerjaan (70,96%) dan rekan kerja (88,07%)
  3. Terdapat 3 dimensi kepuasan kerja yaitu atasan (57,69%), promosi (53,08%) dan lingkungan (64,15%) memiliki tingkat kepuasan yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapatkan perhatian.
  4. Dimensi lingkungan kerja yaitu fasilitas layak pakai memiliki konstribusi terbesar terhadap kekurangpuasan pegawai 59,23%

 

Saran

  1. Perlu adanya identifikasi, pengadaan dan pemerataan distribusi fasilitas kerja sehingga seluruh pegawai baik di Direktorat dan Jurusan merasa terfasilitasi dalam pelaksanaan pekerjaannya.
  2. Perlu dievaluasi lebih dalam penyebab ketidakpuasan kerja pegawai agar persentase kepuasan kerja pegawai dapat ditingkatkan. Peningkatan kepuasan kerja pegawai diharapkan dapat meningkatkan komitmen pegawai dalam pencapaian tujuan organisasi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I sebagai institusi penyelenggara pendidikan kesehatan.