COVID-19

PENGEMBANGAN METODE DAN BAHAN AJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN TEORI DAN PRAKTIK MK KDPAKGM BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JKG TAHUN 2016

PENGEMBANGAN METODE DAN BAHAN AJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN TEORI DAN PRAKTIK MK KDPAKGM BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JKG TAHUN 2016

Abstrak

Tuntutan  akan   profesionalisme   Perawat Gigi  mengakibatkan institusi  pendidikan  tenaga  kesehatan   dihadapkan pada tantangan untuk menghasilkan  sumber  daya  kesehatan  yang  mampu  melaksanakan  pelayanan  yang  berkualitan. Salah satu institusi yang  menghasilkan tenaga  kesehatan adalah Politeknik Kesehatan  KemenKes Jakarta I Jurusan  Keperawatan  Gigi  diselenggarakan sebagai salah  satu upaya untuk menghasilkan Ahli  Madya Keperawatan Gigi yang  terampil dan  tanggap  terhadap  berbagai masalah kesehatan yang  dihadapi  masyarakat,  termasuk  di dalamnya masalah kesehatan gigi.   Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan metode dan bahan ajar  pada proses  pembelajaran teori  dan  praktik  MK  Konsep Dasar Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut,  diperoleh pengaruh intervensi   pembelajaran menggunakan buku ajar berikut penuntun praktikum yang berdampak terhadap prestasi nilai teori dan nilai praktik mahasiswa di klinik Jurusan Keperawatan Gigi jln Lebak Bulus III/1 Jakarta Selatan.

Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu (quasi experiment)   dengan rancang  penelitian pretest – posttest control group design. Sampel  pada desain penelitian terdiri   dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen  dan kelompok Kontrol sejumlah 76 orang.   Pretest dilakukan untuk mengetahui keadaan awal  kelompok Kontrol dan Eksperimen. Pengaruh perlakuan dianalisis dengan uji  statistik, jika ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen  dan Kontrol  maka  kelompok perlakuan memberikan  pengaruh   yang   signifikan

Data yang dikumpulkan adalah data primer baik untuk variabel independen maupun variabel dependen. Pengambilan data dikumpulkan melalui data primer dan sekunder,  studi literatur, diskusi kelompok terarah yang dilakukan saat mengampu MK menggunakan bahan ajar, uji panduan praktik MK KDPAKGM, mengisi form uji teori dan praktik MK KDPAKGM. Analisis data dilakukan secara bertahap yaitu analisis univariat, analisis bivariat dengan uji t-test.       Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana  dan prasarana yang ada di klinik  termasuk  kategori cukup, yaitu 60- 80% alat  tersedia dan berfungsi.  Sedangkan penelitian  tentang metode pembelajaran klinik tidak ada yang  termasuk kategori kurang dan pada kategori metode pembelajaran klinik adalah memuaskan.

Hasil uji t  didapatkan nilai p = 0,000 yang   nilainya lebih kecil dari taraf   kesalahan α = 0.05 atau dengan   signifikasi  95% maka P < α, menunjukkan adanya perbedaan   yang   signifikan  antara   kemampuan  sebelum dibandingkan setelahnya.  Buku  ajar dan penuntun   praktik   MK KDPAKGM tersebut memiliki daya tarik yang sangat  berpengaruh yang terbukti  mampu mendongkrak/ meningkatkan  motivasi mahasiswa untuk mengenali konsep, mengasah berbagai ranah yang harus dicapainya guna mencapai target kompetensi proses asuhan kesgilut  yang memadai bagi mutu layanan terhadap pasien.

 

Kata kunci : pengembangan metode dan bahan ajar MK KDPAKGM, prestasi  mahasiswa JKG 

Klik untuk mengunduh

Bagikan halaman ini: