COVID-19

Persepsi Kepuasan Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I Tahun 2011

Persepsi Kepuasan Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I Tahun 2011

 Abstrak

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta I dituntut untuk selalu meningkatkan mutu manajemen dan daya saingnya. Peningkatan mutu dilakukan secara kontinu melalui pemantauan dan penilaian mutu demi kepuasan pada semua stakeholders (pemangku kepentingan) yakni dunia kerja, pemerintah, pimpinan dosen tenaga penunjang, serta pihak-pihak lain yang berkepentingan termasuk mahasiswa.

Survey ini bermaksud memperoleh gambaran tentang persepsi kepuasan mahasiswa terhadap Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I.

Hasil survey menunjukkan persepsi kepuasan mahasiswa yang puas sebanyak 100 orang (53,5%) sedangkan yang tidak puas sebanyak 87 orang (46,5%).

Faktor dimensi mutu yang memuaskan mahasiswa adalah reability/kehandalan, responsiveness/ketanggapan, assurance and competence/keyakinan dan keterampilan, emphaty/empati, communication/komunikasi, accessibility /akses sedangkan dimensi mutu yang belum memuaskan adalah tangibles/tampilan, security/keamanan, perpustakaan, dan laboratorium. Karakteristik mahasiswa yang berhubungan secara statistik dengan persepsi kepuasan mahasiswa adalah jenis kelamin dan jurusan.

Manajemen dapat melakukan prioritas anggaran untuk perbaikan pada fasilitas gedung, keamanan, perpustakaan dan laboratorium demi kepuasan mahasiswa.

 

Klik untuk mengunduh

Bagikan halaman ini: